Buku Pedoman Pembuatan RKAS Dana BOS Tahun 2018

Buku Pedoman Pembuatan RKAS Dana BOS Tahun 2018

Buku Pedoman Pembuatan RKAS Dana BOS Tahun 2018
Buku Pedoman Pembuatan RKAS Dana BOS Tahun 2018

Buku Pedoman Pembuatan RKAS Dana BOS Tahun 2018-Manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajamen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya kegiatan pendidikan di sekolah. Sebagaimana yang terjadi di substansi manajemen pendidikan pada umumnya, kegiatan manajemen keuangan dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian.

Perencanaan program BOS meliputi dua kegiatan utama yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitu mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Dalam mengidentifikasi kebutuhan sekolah, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah perlu menentukan kondisi sekolah saat ini. 

Buku Pedoman Pembuatan RKAS Dana BOS Tahun 2018- Salah satunya dengan melakukan evaluasi diri. Dengan melakukan evaluasi diri akan menunjukkan kinerja sekolah misalnya, bagian yang mengalami perbaikan atau peningkatan, bagian yang tetap, dan bagian yang mengalami penurunan. Hal ini penting dilakukan karena dana BOS merupakan sumber utama bagi sekolah untuk memenuhi biaya penyelenggaraan sekolah, dan kebijakan pemerintah mengharuskan BOS menjadi sarana penting untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan dasar yang bermutu. Setelah mengidentifikasi kebutuhan sekolah sesuai hasil evaluasi diri yang dilakukan oleh sekolah, maka kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah dapat menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah.

RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik. Capaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiap report yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan pemerintah.

Bagi bapak/ibu kepala sekolah serta rekan guru yang belum memiliki Buku Pedoman Pembuatan RKAS Dana BOS Tahun 2018,bisa unduh melalui link yang sudah kami sediakan di bawah ini.
atau

Silahkan Baca juga artikel terkait di bawah ini :
Demikian materi seputar Buku Pedoman Pembuatan RKAS Dana BOS Tahun 2018 secara online.Semoga materi tersebut membantu rekan guru dalam pembuatan RKAS dan memberikan kemajuan bagi sekolah.

0 Response to "Buku Pedoman Pembuatan RKAS Dana BOS Tahun 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel